Jumat, 02 Januari 2009

Jadwal Piala FA

Jumat, 02/01/2009 17:08 WIB
Babak III Piala FA
Para Raksasa Turun Gunung
Rossi Finza Noor - detiksport


AFP/Yoshikazu Tsuno
Jakarta - Tak ada kata "libur" untuk klub-klub besar Premier League. Mereka membuka lembaran tahun baru 2009 dengan turun berlaga di babak ketiga Piala FA.

Sebanyak 32 pertandingan akan digelar pada hari Sabtu dan Minggu, 3-4 Januari 2009, menandakan bergulirnya lagi turnamen sepakbola tertua di dunia ini. Sebanyak 20 klub Premier League akan mulai berlaga dari babak ini, termasuk di dalamnya adalah para anggota The Big Four dan juara musim lalu, Portsmouth.

Mengingat Piala FA tak kalah penting jika dibandingkan dengan Premiership, para manajer klub-klub top tampaknya harus pintar-pintar menggunakan sistem rotasi. Salah menurunkan strategi bisa mengakibatkan mereka disingkirkan oleh tim gurem, cerita yang jamak terjadi di Piala FA.

Liverpool misalnya. Si pemuncak klasemen sementara Premier League ini memang "hanya" akan menghadapi Preston Noth End yang sehari-harinya bermain di Championship Division (atau divisi satu, di bawah Premiership), tetapi mereka dikabarkan akan langsung menurunkan Steven Gerrard dan Fernando Torres--yang berangsur-angsur telah pulih dari cedera.

Sedangkan Chelsea, yang musim lalu disingkirkan oleh Barnsley di babak keenam, kali ini akan menjamu Southend United. Di atas kertas, The Blues jelas lebih diunggulkan ketimbang lawannya yang merupakan peserta dari League One (divisi dua) itu. Tetapi bukan tak mungkin kejutan akan dihadirkan oleh Southend.

Bagaimana dengan Manchester United? The Red Devils, yang staminanya sepanjang Desember diuji melalui serangkaian laga di Premiership dan Piala Dunia Antarklub di Jepang, akan dijamu oleh Southampton. The Saints bisa jadi lawan yang cukup tricky untuk MU.

Alasannya, MU boleh saja sukses memenangi semua laga seusai Piala Dunia Antarklub, tetapi semuanya dengan skor tipis, yakni 1-0. Hal tersebut sampai membuat Sir Alex Ferguson mulai mengkhawatirkan ketajaman para pemainnya.

Sementara Arsenal akan menjamu Plymouth Argyle, penghuni Championship Division, di Emirates Stadium. Belum diketahui apakah Arsene Wenger akan kembali mengandalkan pemain-pemain mudanya kali ini. Tapi, fakta sudah terpampang: youngster The Gunners tak se-menakutkan musim lalu setelah mereka tersingkir di babak perempatfinal Piala Carling oleh Burnley.

Si juara bertahan, Portsmouth, akan menjamu Bristol City di Fratton Park. Penampilan mereka yang tengah labil di Premiership akan menghadapi ujian kali ini. Tetapi, sebagai juara bertahan Pompey tentu tak ingin tersingkir cepat-cepat.

Jadwal lengkap babak III Piala FA

Portsmouth vs Bristol City

Sheffield Wednesday vs Fulham

Preston North End vs Liverpool

Birmingham City vs Wolverhampton Wanderers

West Ham United vs Barnsley

Middlesbrough vs Barrow

Hull City vs Newcastle United

Hartlepool United vs Stoke City

Chelsea vs Southend United

Manchester City vs Nottingham Forest

Cardiff City vs Reading

Ipswich Town vs Chesterfield

Charlton Athletic vs Norwich City

West Bromwich Albion vs Peterborough United

Torquay United vs Blackpool

Leyton Orient vs Sheffield United

Southampton vs Manchester United

Millwall vs Crewe Alexandra

Histon vs Swansea City

Forest Green Rovers vs Derby County

Queens Park Rangers vs Burnley

Leicester City vs Crystal Palace

Tottenham Hotspur vs Wigan Athletic

Cheltenham Town vs Doncaster Rovers

Arsenal vs Plymouth Argyle

Kettering Town vs Eastwood Town

Blyth Spartans vs Blackburn Rovers

Macclesfield Town vs Everton

Watford vs Scunthorpe United

Sunderland vs Bolton Wanderers

Coventry City vs Kidderminster Harriers

Gillingham vs Aston Villa

Tidak ada komentar: